-->

Media Promosi Pemasaran Online

Indonesia sebagai negara berpenduduk terbanyak di Asia Tenggara merupakan negara dengan pengguna internet terbanyak pula di Asia Tenggara. Selain karena faktor jumlah penduduk, hal ini didukung pula dengan terjangkaunya harga smartphone dan percepatan pembangunan infrastruktur internet  sehingga sangat mudah untuk penduduk Indonesia mengakses internet. Kondisi ini begitu dimanfaatkan oleh para pelaku usaha dalam meningkatkan omzet penjualannya mereka dengan melakukan promosi online. Berikut ini mari kita bahas tentang promosi online dan manfaatnya.


Pengertian Pemasaran Online
Secara sederhana pemasaran online atau sering disebut sebagai pemasaran digital diartikan sebagai strategi pemasaran yang memanfaatkan internet. Kegiatan pemasaran untuk mendapatkan perhatian konsumen dilakukan dengan memanfaatkan media sosial, website, email, bahkan augmented reality. Hal ini dapat dilakukan dengan iklan berbayar, konten berkualitas atau sekadar posting-an sederhana melalui media online.

Pemasaran adalah suatu bentuk komunikasi atau penyampaian sebuah tawaran yang bernilai bagi pelanggan, klien, mitra atau masyarakat umum. Apabila dikaitkan dengan aktivitas online/ dalam jaringan (daring) maka pemasaran online dapat diartikan sebagai suatu bentuk komunikasi atau penyampaian sebuah tawaran yang bernilai bagi pelanggan, klien, mitra atau masyarakat umum dengan memanfaatkan media atau jaringan internet.
Banyaknya aktivitas dan interaksi yang terjadi di dunia internet, membuat banyak sekali pemilik bisnis yang mengandalkan cara ini untuk meningkatkan nilai jual produknya. Satu posting-an di internet dapat diakses oleh ratusan juta orang di seluruh dunia. Untuk melakukan pemasaran online dapat dilakukan dengan menggunakan banyak media online seperti media sosial, situs internet, surat elektronik dan pasar elektronik.
Tujuan Pemasaran Online
Adapun tujuan dari pemasaran online adalah sebagai berikut.
  1. Mampu menjangkau para calon konsumen dengan biaya yang lebih murah.
  2. Mampu melacak dan juga mengukur data respon konsumen terhadap aktivitas marketing yang dilakukan perusahaan.
  3. Mampu menjangkau suatu pasar global sebagai pangsa pasar baru.
  4. Menyajikan suatu promosi yang lebih menarik.
  5. Mempermudah sebuah proses pembelian dibandingkan dnegan sistem offline.
  6. Persinalisasi suatu pemasaran untuk tiap calon konsumen.
Manfaat Pemasaran Online
Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, pemasaran online menjadi salah satu metode yang efektif untuk meningkatkan penjualan dan mengembangkan bisnis. Hal ini tidak mengherankan karena ada berbagai manfaat yang bisa didapatkan ketika Anda memutuskan untuk melakukan pemasaran secara online. Manfaat tersebut antara lain:
Mengurangi Biaya. Ini adalah alasan utama mengapa banyak pemilik bisnis yang lebih memilih melakukan pemasaran online dibandingkan dengan pemasaran offline. Penggunaan media sosial, website dan media internet lainnya kebanyakan tidak dikenakan biaya. Meskipun Anda menggunakan iklan berbayar secara online, biaya yang dikeluarkan relatif lebih hemat jika dibandingkan dengan memasang iklan di televisi, radio, koran atau mencetak flyer dalam jumlah yang banyak. Pay per click juga merupakan cara terbaik untuk menghemat dan mengawasi biaya karena pembayaran didasarkan pada klik nyata yang didapat iklan Anda. Berbeda dengan iklan media konvensional dengan biaya cukup mahal namun Anda bahkan tidak mengetahui berapa orang yang benar-benar memperhatikan.
Dapat Diukur Real Time. Pemasaran yang dilakukan secara online mudah diukur melalui alat analisis seperti Google Analytics. Sehingga informasi tentang klik, kunjungan dan penjualan dari SEO, AdWords, media sosial, konten serta pemasaran email yang dibuat bisa didapatkan. Walaupun ini merupakan proses yang panjang tetapi Anda dapat melihat hasilnya secara real time setelah metode ini diaplikasikan. Dengan cara ini, efisiensi strategi Anda dapat diukur dan perubahan dapat segera diimplementasikan.
Cepat Menentukan Target. Dengan kecanggihan teknologi pemasaran saat ini, Anda dapat menyasar dengan tepat calon konsumen yang memang tertarik atau membutuhkan produk Anda. Teknologi saat ini mampu membuat calon konsumen memberikan informasi mereka secara sukarela sehingga Anda dapat melacak apa yang memang mereka butuhkan secara tepat.
Paparan Jangka Panjang. Promosi yang dilakukan melalui pemasaran offline biasanya hanya bertahan selama 1-4 minggu. Hal ini berbeda dengan pemasaran online yang merupakan proses berkelanjutan. Di situs pencarian, konten promosi Anda akan tetap terlihat oleh konsumen untuk jangka waktu yang lama. Namun Anda perlu melakukan sedikit pembaruan agar konten tersebut tetap terlihat menarik.
Jenis – Jenis Pemasaran Online
1. Search Engine Marketing (SEM)
Search Engine Marketing adalah aktivitas marketing menggunakan iklan berbayar yang muncul pada mesin pencari atau search engine seperti Google. Hasil pencarian terdiri dari dua bagian, yaitu organik dan iklan. Iklan yang muncul di hasil pencarian inilah yang disebut sebagai Search Engine Marketing (SEM). Hampir semua mesin pencari mempunyai fitur SEM, dari Google sampai Bing. Namun, yang paling sering digunakan adalah Google. Sebab Google menguasai pangsa pasar mesin pencari di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Seperti yang sudah disebutkan di awal, SEM adalah praktik mengiklankan website. Jadi untuk menggunakannya, Anda perlu mengeluarkan biaya. Kebanyakan mesin pencari menggunakan metode Pay Per Click (PPC). Tampilan SEM selalu muncul dengan tanda Iklan. Tanda ini untuk membedakannya dengan hasil pencarian organik. Mungkin Anda pernah melihat bentuk iklan Search Engine Marketing (SEM) seperti ini:


2. Search Engine Optimization (SEO)


SEO adalah tindakan atau praktik untuk mengoptimalkan website Anda. Optimasi ini akan memungkinkan search engine atau mesin pencarian dalam menilai apakah website Anda layak untuk ditampilkan di posisi teratas hasil pencarian atau tidak.

Jika Anda ingin mendapat lebih banyak pengunjung website dan dapat lebih banyak calon customer yang potensial, SEO adalah salah satu cara utamanya. Jadi, ketika seorang pengguna Google mencari-cari rekomendasi hp dibawah 2 juta misalnya, ia akan mengetik keyword “hp dibawah 2 juta” dan hasil yang muncul di halaman pertamalah yang akan diakses/ dibaca. Jika Anda beruntung, ia akan membaca artikel Anda dan berniat membeli produk hp di tempat Anda juga (seandainya Anda merupakan website e-commerce penjual hp tersebut).

Apa yang muncul di halaman pertama hasil pencarian Google merupakan page dari website yang telah teroptimasi (melalui SEO). Inilah pentingnya SEO, ketika hampir semua pengguna internet bergantung pada mesin telusur raksasa, Google.


3. Email Marketing
Email marketing dianggap sebagai metode kuno di antara media online lainnya namun jangan remehkan kekuatan media satu ini. Email marketing adalah sebuah tindakan atau aktivitas mengirimkan pesan komersil seperti promo, penawaran produk, diskon, penawaran membership dan lain sebagainya kepada sekelompok orang dengan menggunakan media email.

Salah satu keuntungan paling jelas dari email marketing adalah biaya yang lebih rendah dibandingkan dengan cara pemasaran utama. Tidak ada biaya cetak atau ongkos kirim dan tidak ada biaya yang dibayarkan seperti pada papan iklan, majalah atau saluran televisi tertentu.

4. Blog Marketing

Blogosphere telah berkembang dengan perkembangan Internet dan merupakan bagian integral dari Web 2.0. Individu pribadi dapat, misalnya, menulis tentang hal-hal yang mereka sukai dan ingin berbagi dengan orang lain dengan bantuan berbagai sistem CMS gratis seperti WordPress. Tidak seperti situs berita arus utama atau versi online surat kabar, posting blog hampir selalu subjektif. Dan di situlah letak kekuatan mereka karena mereka menghasilkan popularitas tinggi dengan pembaca yang bisa mengenali dengan kontennya.

Dalam pengembangan blog lebih lanjut, beberapa blogger berhasil menguangkan blog mereka melalui iklan dari link afiliasi atau program seperti Google AdSense. Saat ini, blogger bisa hidup dari pendapatan mereka dari blog terutama di AS dimana blog sangat populer. Sistem “blog” telah menjadi model bisnis nyata bagi penggemar penulisan Internet.

Sistem “blog” telah menjadi model bisnis nyata bagi penggemar penulisan Internet. Di blog marketing, blog dimonetisasi melalui iklan. Apalagi blogger bisa menawarkan untuk menulis pada topik tertentu. Dalam hal ini “pelanggan” akan memesan sebuah pos atau artikel, yang akan dia bayar.

5. Refferal Marketing
Refferal marketing adalah sebuah proses pemasaran yang dilakukan oleh konsumen sebagai orang yang mempromosikan sebuah produk, baik itu berupa barang atau jasa. Konsumen bisa menjadi seorang promotor karena banyak faktor. Yang pertama, konsumen merasa sangat puas dan mendapatkan banyak manfaat dari produk terkait, sehingga dengan suka rela ingin membagikan informasi mengenai produk tersebut kepada orang-orang yang dikenalnya. Yang kedua, konsumen merasa termotivasi oleh reward atau insentif yang diberikan brand jika mereka melakukan referral.

6. Inbound Marketing
Inbound marketing adalah sebuah teknik pemasaran terbaru yang saat ini beranjak populer di dunia marketing, yaitu proses agar dapat ditemukan oleh konsumen atau calon konsumen. Jauh sebelum muncul istilah ‘inbound marketing, teknik semacam ini dikenal dengan sebutan SEO (Search Engine Optimization). Sejak sekitar tahun 2006, inbound marketing telah menjadi metode pemasaran yang paling efektif untuk menjalankan bisnis onlineInbound marketing berfokus pada pembuatan kualitas konten yang menarik orang terkait perusahaan dan produk, di mana mereka secara alami ingin melihatnya. Metode inbound marketing berbeda dengan outbound marketing. Metode outbound marketing itu kita (perusahaan) mencari atau menjangkau calon konsumen keluar, misalnya seperti membeli ruang iklan, membeli email contact list, atau menelepon calon konsumen dengan penawaran kerja sama.

7. Viral Marketing
Viral marketing merupakan teknik pemasaran yang memanfaatkan jaringan sosial, baik itu melalui dunia maya maupun offline yang bertujuan untuk bisa menyampaikan pesan dan iklan kepada konsumen di pasaran. Jika dapat didefinisikan secara simple, maka virtual marketing dapat dikatakan sebagai sebuah bentuk proses pemasaran yang dapat dilakukan secara online ataupun offline terkait produk/jasa yang Anda miliki kepada konsumen.

Metode pemasaran ini akan dilakukan pihak penyedia barang/jasa yang mana akan disampaikan melalui informasi entah itu website, video, koran, ebook, dan lainnya. Viral marketing juga masuk ke dalam bagian strategi pemasaran portofolio. Jika disederhanakan lagi, viral marketing dalam bentuk offline dapat berupa penyampaian informasi dari mulut ke mulut. Sedangkan jika melalui online dapat menggunakan media sosial yang saat ini sedang trend di masyarakat.

8. Affiliate marketing
Affiliate marketing adalah sistem bisnis dengan membayar jasa seseorang ketika orang tersebut berhasil menjual produk atau jasa seorang merchant atau perusahaan yang mempunyai produk atau jasa yang dipasarkan melalui Internet dan membutuhkan orang lain untuk menjual produk/jasanya. Posisi Anda di sini adalah sebagai orang yang tidak memiliki produk maupun jasa untuk dijual, maka Anda dapat membantu seorang merchant tersebut dalam memasarkan produk/jasanya, dan tentunya kita akan mendapat komisi atas penjualan yang kita lakukan.

9. Reseller
Reseller merupakan metode penjualan bisnis dengan cara melakukan promosi barang salah satu supplier. Reseller dapat dilakukan secara online atau offline (konvensional). Namun, untuk menjangkau lebih banyak calon klien, alangkah baiknya jika dilakukan secara online. Cara kerja metode bisnis reseller yaitu seorang reseller membeli sebuah barang kepada supplier (distributor), dan melakukan penjualan kembali atas barang tersebut untuk mendapatkan keuntungan. Supplier akan menjual harga yang lebih murah dari harga pasaran. Sehingga reseller bisa mendapatkan keuntungan dengan menjual kembali barang tersebut dengan harga pasaran.

10. Social Media Marketing
Pemasaran jenis ini dijalankan dengan menggunakan sebuah sosial media dengan memanfatkan lalu lintasnya seperti memakai Facebook ataupun twitter dan juga media sosial lainnya. Sama halnya dengan SEO, promosi online dengan menggunakan social media ini dapat dilakukan dengan gratis. Tapi ini juga tidak semudah yang dibayangkan dari kebanyakan orang karena melibatkan banyak faktor, baik dari pengguna sosmed maupun dari sosmed nya sendiri.

Media sosial ini juga memiliki fitur periklanan yang sangat banyak digunakan oleh internet marketer untuk dapat mendulang trafik dan penjualan. Beberapa diantaranya yang populer saat ini adalah sebagai berikut :

👍 Facebook
Media sosial satu ini masih menjadi pilihan banyak orang untuk menjalin komunikasi dengan rekan dan keluarga. Keberadaan mereka menjadi salah satu alasan mengapa Facebook menjadi media sosial yang banyak dijadikan media promosi online selain di situs bisnis. Penggunaan Facebook sebagai media promosi pun diakui relatif mudah oleh para pemain bisnis online bahkan tidak sedikit dari para pebisnis yang sudah memiliki toko fisik pun memanfaatkan Facebook sebagai media promosi produk.

Tidak jarang juga bisnis yang sukses bermula dari mengenalkan produk mereka melalui Facebook. Bagaimana cara agar promosi melalui Facebook cukup sukses? Pertama, pastikan halaman utama Facebook Anda menarik konsumen karena hal ini akan menjadi daya tarik yang membuat calon konsumen memberikan Like. Like inilah yang menjadi langkah kedua yang harus Anda dapatkan sebanyak mungkin. Ketiga, jangan lupa untuk mengenali target pelanggan dengan mencari orang-orang yang memiliki ketertarikan dengan halaman Facebook Anda. Terakhir, fokuslah untuk membuat konten yang menarik.

👍 Twitter
Selain Facebook, Twitter juga menjadi salah satu media sosial online yang banyak digunakan sebagai media bisnis online. Meski awalnya hanya didesain untuk bisa berbagai status yang terkenal dengan maksimal 160 karakter, kini Twitter mampu menjadi media yang cukup ampuh untuk memasarkan produk. Media ini dinilai mudah dijangkau oleh pelanggan toko online manapun karena dengan ponsel cerdas (smartphone) masyarakat dapat dengan mudah mengakses microweb satu ini.

Beberapa cara untuk memaksimalkan promosi dan pemasaran produk melalui Twitter adalah dengan memperbanyak jumlah follower, mengirimkan tweet secara teratur, mempromosikan situs secara teratur, menentukan waktu posting tweet, menyewa buzzer untuk meningkatkan promosi, atau dengan saling promo akun twitter bisnis online lainnya.

👍 Instagram
Nampaknya media sosial satu ini sekarang sedang menjadi primadona media bisnis online. Selain karena bisa menampakkan foto produk juga karena caption yang bisa ditulis dengan lebih panjang dibandingkan Twitter. Instagram juga mudah diakses dari ponsel cerdas dan sedang menjadi media sosial pendongkrak eksistensi paling tinggi di kalangan anak muda. Inilah kesempatan bagi Anda untuk mempromosikan produk dan bisnis dengan mudah karena calon konsumen pun lebih banyak berkumpul di media sosial ini. Hashtag adalah salah satu kekuatan promosi yang luar biasa jika Anda menggunakan Instagram sebagai media bisnis. Selain itu, aktif berinteraksi dengan para pelanggan juga menjadi salah satu trik yang bisa membuat pelanggan menaruh perhatian lebih pada bisnis Anda.

👍 Path
Path awalnya dikenal sebagai media sosial yang eksklusif karena keterbatasan jumlah teman yang bisa ditambahkan pada akun ini. Meskipun begitu, bukan berarti akun ini tidak bisa dijadikan media promosi dan pemasaran online. Dailybeautyhouse merupakan salah satu bisnis yang melengkapi promosi mereka dengan menggunakan Path. Bisa dikatakan bahwa Path merupakan bentuk private dari Facebook dan Twitter namun bukan berarti media sosial satu ini tidak bisa memberikan Anda kesempatan memperluas jaringan dan pasar.

👍 Kaskus
Media sosial satu ini tidak perlu diragukan lagi kemampuannya dalam mempromosikan produk. Kaskus dikenal sebagai market place yang banyak digunakan untuk berjualan dan dianggap sebagai media sosial paling ampuh untuk berbisnis terlebih dengan hadirnya Forum Jual Beli. Memang perlu Anda ketahui bahwa tidak mudah melakukan promosi dan bisnis di Kaskus karena banyaknya penipuan dari bisnis online yang bermula di media sosial ini namun bukan berarti tidak mungkin Kaskus dijadikan media bisnis yang ampuh.

👍 Google+
Media sosial pesaing Facebook yang bisa menjadi media promosi dan pemasaran online Anda adalah Google+. Dengan menggunakan akun ini, banyak pebisnis yang akhirnya mampu mempromosikan bisnis online mereka. Tahukah Anda jika Youtube ternyata merupakan produk Google yang kini juga tidak kalah ramai digunakan sebagai media promosi online? Beberapa cara mudah untuk memaksimalkan penggunaan Google+ sebagai media bisnis online Anda adalah dengan menyaring dan mengatur Gmail dengan Google+ Circles, membuat interaksi dengan Hangouts, mengedit dokumen bersama dengan rekan, dan juga merencanakan serta mengatur acara.

👍 Youtube
Website broadcast yang didirikan pada tahun 2005 ini telah menjadi media banyak orang dalam mengekspresikan diri mereka melalui video. Youtube merupakan salah satu website yang saat ini sangat diminati oleh banyak orang dari segala golongan, usia dan jenis kelamin. Oleh karena mempromosikan bisnis di Youtube sudah merupakan bagian wajib dari sebuah rencana promosi suatu usaha. Langkah utama jika ingin mempromosikan bisnis pada Youtube adalah mengupload video melalui akun pribadi lalu pilih kategori yang tepat untuk jenis bisnis yang akan dipromosikan, judul video haruslah menarik dan mengandung banyak keywords yang banyak digunakan orang untuk memperbesar kemungkinan muncul pada laman pertama pada Youtube saat hasil pencarian video terkait keywords keluar.

👍 Market Place
Pasar elektronik atau Marketplace adalah sebuah website yang menghubungkan seorang penjual dengan pembeli melalui internet. Situs marketplace bertindak sebagai pihak ketiga dalam transaksi online dengan menyediakan tempat berjualan dan fasilitas pembayaran. Bisa dikatakan marketplace adalah deparment store online.

Marketplace sebenarnya memiliki konsep yang mirip dengan pasar tradisional. Pada dasarnya, marketplace menyediakan tempat bagi mereka yang ingin berjualan di website mereka. Kemudian pihak marketplace akan memunculkan barang jualan itu ketika ada calon pembeli yang melakukan pencarian. Jika si calon pembeli memang mau membeli barangnya, mereka bisa melakukan pembayaran melalui marketplace itu sendiri.

Pada umumnya terdapat dua jenis kerja sama di situs marketplace Indonesia, yaitu marketplace murni dan konsinyasi. 

👉 Marketplace Murni
Kerjasama marketplace murni adalah ketika situs marketplace hanya menyediakan lapak untuk berjualan dan fasilitas pembayaran. Penjual yang melakukan kerjasama marketplace diberikan keleluasaan lebih banyak dibandingkan kerjasama konsinyasi. Penjual berkewajiban untuk menyediakan deskripsi dan foto produk secara mandiri. Selain itu, penjual juga dapat menerima penawaran harga dari pembeli. Jadi sebelum melakukan pembayaran, pembeli dapat melakukan penawaran harga kepada penjual. Setelah mendapatkan harga yang disepakati oleh kedua belah pihak, pembeli bisa mengirimkan sejumlah uang ke rekening yang disediakan marketplace.

Contoh marketplace Indonesia yang populer di dengan jenis kerjasama pertama adalah Tokopedia, Bukalapak, Elevenia, Blanja, dan BliBli. Beberapa contoh marketplace dari luar negeri yang populer di Indonesia adalah Shopee (Singapura), Lazada (Singapura), JD.ID (Tiongkok), Amazon (Amerika Serikat), dan Rakuten (Jepang)

👉 Marketplace Konsinyasi. 
Jenis kerjasama yang kedua adalah konsinyasi atau istilah mudahnya adalah titip barang. Jika penjual melakukan kerjasama konsinyasi dengan situs marketplace, ia hanya perlu menyediakan produk dan detail informasi ke pihak marketplace. Salah satu contoh marketplace yang menyediakan kerjasama konsinyasi adalah Zalora. Contoh marketplace lain yang menggunakan jenis kerjasama ini adalah Berrybenka. Pihak situs marketplace akan mengurus penjualan dari foto produk, gudang, pengiriman barang, hingga fasilitas pembayaran. Berbeda dari jenis kerjasama sebelumnya, di jenis kerjasama ini pembeli tidak bisa melakukan penawaran harga karena alur semua alur transaksi ditangani oleh situs marketplace. Perbedaan mendasarnya terletak pada tanggung jawab penjual dan alur transaksinya. Alur transaksi di marketplace terjadi langsung antara penjual dan pembeli, sedangkan kerjasama konsinyasi semua alur transaksi langsung ditangani situs marketplace.

Cara Menjadi Internet Marketing

👍 Bangun Relasi yang Baik
Tidak hanya di dunia nyata saja tetapi di dunia maya pun untuk bisa menjadi seorang internet marketer yang sukses, perlu dibangun relasi bisnis yang baik dengan banyak orang. Cukup banyak media yang dapat dimanfaatkan untuk dapat membangun relasi yang baik, seperti media sosial (Facebook, Twitter, Instagram), Google Plus, LinkedIn, dan sebagainya.

👍 Pahami Produk yang Akan Dipromosikan
Konsumen adalah raja, mereka juga berhak untuk mengetahui detail produk yang dipromosikan sebelum akhirnya memutuskan untuk membelinya.

👍 Buat Target yang Tinggi
Jangan mudah merasa puas atas suatu pencapaian yang telah didapatkan dari internet marketing. Jika pada suatu target terasa sudah tidak lagi menantang, maka ada baiknya untuk dapat membuat target baru yang lebih tinggi untuk pengembangan diri sendiri.

👍 Hargai Orang-Orang yang Pernah Bekerjasama
Membangun suatu relasi dengan orang-orang yang juga pernah bekerjasama juga merupakan sebuah poin yang penting untuk menjadi internet marketer sukses. Jika perlu, tampilkan semua testimoni para pelanggan yang sudah merasa puas bekerjasama dengan Anda atau perusahaan. Tak hanya pelanggan saja yang akan merasa dihargai, orang lain yang berniat melakukan kerjasama di masa depan pun akan lebih yakin membuat keputusan.

Macam-Macam Strategi Pemasaran Online
Hampir semua kalangan dan semua profesi membutuhkan akses ke internet untuk memudahkan aktifitas mereka termasuk juga buat pebisnis. Pebisnis membutuhkan akses internet atau online untuk menjaga pangsa pasar mereka bahkan untuk menambah target pasar. Tentu, aktifitas online juga bisa dijadikan marketing dengan strategi pemasaran tertentu untuk mendapatkan pelanggan lebih banyak lagi. Berikut macam-macam strategi pemasaran online yang bisa dilakukan.

Content Marketing
Para pengguna internet, selalu mencari berbagai informasi melalu internet. Informasi apa saja yang mereka butuhkan hampir tersedia. Oleh sebab itu, strategi pemasaran dengan model Content Marketing adalah sangat tepat karena bisa menarik konsumen dengan beragam informasi yang telah disediakan di website pelaku bisnis. Informasi yang dibuat bisa berupa artikel atau text, video, gambar atau bahkan hasil riset tertentu. Hanya saja, lebih baik informasi yang disediakan harus memiliki keterikatan atau relevan dengan usaha bisnis yang dimiliki oleh pelaku usaha. Sebagai contoh toko online yang menjual peralatan kecantikan kemudian memberikan informasi tentang tips agar tampil cantik.

Mobile Marketing
Ini adalah salah satu strategi pemasaran online yang sedang tren saat ini. Mobile Marketing bisa dikatakan sebagai strategi pemasaran yang menyasar pada konsumen yang menggunakan perangkat mobile seperti tablet, smartphone dll. Oleh sebab itu, para pelaku usaha mau tidak mau harus mendesain ulang tampilan website mereka sehingga ramah atau user friendly ketika website tersebut diakses melalui perangkat mobile. Fakta, berdasarkan survey atau penelitian, sekitar 30 sampai 40% konsumen memesan atau membeli produk secara online melalui ponsel atau smarphone.

Continuous Marketing
Untuk menjalankan strategi pemasaran online ini, Facebook serta Twitter adalah pilihan yang tepat termasuk juga Instagram. Continuous Marketing atau pemasaran berkelanjutan menekankan pada aktifitas promosi di jejaring media sosial. Akan menjadi lebih baik lagi jika para pelaku bisnis melakukan analisa data seperti mengerti demografi feedback pelanggan, termasuk opini mereka untuk tetap berinovasi dan menemukan konsep produk bisnis yang sesuai dengan apa yang pasar inginkan.

Integrated Digital Marketing
Ini adalah salah satu strategi pemasaran online yang powerful. Kenapa? Sebab disini, semua komponen sumber daya digital digunakan secara maksimal. Artinya, semua cara untuk memperkuat efektivitas pemasaran melalui online dimanfaatkan sebaik-baiknya. Seperti contoh, membuat blog atau website, melakukan kampanye brand atau iklan, menggunakan media sosial dan yang lainnya untuk menjangkau lebih banyak konsumen. Tentu dibutuhkan orang-orang yang mengetahui seluk beluk dunia digital termasuk juga dunia marketing.

Visual Marketing
Ada yang mengatakan bahwa gambar berbicara jauh lebih banyak dari pada text panjang lebar. Ada juga yang bilang 1 gambar mewakili 1000 kata. Itulah kekuatan visual marketing. Pemasaran ini mengedepankan bagaimana caranya untuk menciptakan objek visual yang bisa mewakili produk yang pelaku bisnis tawarkan kepada konsumen. Visual marketing tidak hanya di dunia nyata tetapi juga bisa di dunia maya seperti Instagram, Pinterest, bahkan YouTube. Tentu, dibutuhkan banyak pihak untuk bekerjasama untuk bisa menyediakan gambar visual yang sangat tajam dan mengundang konsumen.

Personalized Marketing
Strategi pemasaran jenis ini lebih mengedepankan konsumen secara personal. Oleh sebab itu, disebut juga sebagai one to one marketing. Strategi marketing ini menganggap bahwa setiap konsumen itu unik. Oleh sebab itu, setiap konsumen diperlakukan secara berbeda. Untuk bisnis e-commerce, maka strategi marketing ini sangat tepat. Toko online dengan sistem e-commerce bisa menampilkan produk-produk yang disediakan bisa berbeda-beda tergantung dari masing-masing user dari mulai perbedaan lokasi, hobi, minat, umur, gender dan lain-lain. Dengan cara ini, pastinya konsumen akan lebih tertarget. Tapi, dibutuhkan software khusus agar sistem pemasaran ini berjalan sesuai rencana.

0 Response to "Media Promosi Pemasaran Online"

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel