-->

Pengertian, Jenis, Karakter dan Sumber Data

Dewasa ini, informasi yang akurat sangat diperlukan dalam menyelesaikan suatu pekerjaan atau masalah. Informasi yang diperlukan harus bisa diperoleh dengan mudah dan cepat. Kemajuan tegnologi saat ini memudahkan kita untuk memperoleh informasi yang kita perlukan dengan cepat.


PENGERTIAN DATA
Informasi adalah kumpulan dari data-data yang terorganisir sesuai dengan kelompok data yang sejenis. Kita harus memahami apa itu data, karena data merupakan dasar dari sebuah informasi. Data memiliki banyak pengertian. Secara umum menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, data adalah keterangan yang benar dan nyata. Adapun menurut beberapa ahli, pengertian data adalah sebagai berikut.

Menurut Nana Danapriatna dan Rony Setiawan
"Data adalah bahan mentah yang perlu di olah sehingga menghasilkan informasi atau keterangan, baik kualitatif maupun kuantitatif yang menunjukkan fakta".

Menurut The Liang Gie
"Data adalah hal, peristiwa , atau kenyataan lainnya yang mengandung suatu pengetahuan untuk dijadikan dasar dalam menyusun keterangan, pembuatan kesimpulan atau penerapan keputusan. Data merupakan bahan mentah yang melalui pengolahan tertentu, akan berubah menjadi keterangan (informasi)".

Menurut Gordon B. Davis
"Data merupakan bahan mentah untuk informasi, yang dirumuskan sebagai kelompok lambing tidak acak yang menunjukkan jumlah-jumlah, tindakan-tindakan dan hal-hal. Data disusun untuk mengolah tujuan-tujuan menjadi susunan data, susunan kearsipan, dan pusat data atau landasan data".

JENIS – JENIS DATA
Ada beberapa jenis data yang umum digunakan dalam dunia informasi. Jenis-jenis data tersebut dapat diklasifikasikan berdasarkan beberapa sudut pandang antara lain:

Data menurut sifatnya
  • Data kuantitatif, yaitu data yang berbentuk angka, misalnya: harga saham, besarnya pendapatan, dll.
  • Data kualitatif, yaitu data yang tidak berbentuk angka, misalnya: Kuesioner Pertanyaan tentang suasana kerja, kualitas pelayanan sebuah rumah sakit atau gaya kepemimpinan, dll.
Data menurut bentuknya
  • Data Fisik, yaitu data yang dapat dirasakan dan dipegang oleh panca indra. Contoh : Laporan Keuangan
  • Data Logik, yaitu data yang tidak dapat dipegang, tetapi dapat dilihat. Contoh data di komputer.
Data menurut Sumber Data
  • Data Internal, yaitu data yang diperoleh dari dalam organisasi yang menggambarkan kondisi pada organisasi tersebut. Contoh : data pemasaran, data produksi, dan lain-lain.
  • Data Eksternal, adalah data dari luar suatu organisasi yang dapat menggambarkan faktor-faktor yang mungkin mempengaruhi hasil kerja suatu organisasi. Misalnya: daya beli masyarakat mempengaruhi hasil penjualan suatu perusahaan.
Data menurut cara memperolehnya
  • Data Primer (primary data) adalah data yang dikumpulkan sendiri oleh perorangan/suatu organisasi secara langsung dari objek yang diteliti dan untuk kepentingan studi yang bersangkutan yang dapat berupa interview, observasi.
  • Data Sekunder (secondary data) adalah data yang diperoleh/ dikumpulkan dan disatukan oleh studi-studi sebelumnya atau yang diterbitkan oleh berbagai instansi lain. Biasanya sumber tidak langsung berupa data dokumentasi dan arsip-arsip resmi.
Data menurut cakupan pengumpulan
  • Data Sensus, yaitu data yang diperoleh dari populasi
  • Data Sampel, yaitu data yang diperoleh dari sampel
Data menurut Dinamika Data
  • Data Statis, yaitu data yang dalam jangka waktu lama tidak mengalami perubahan
  • Data Dinamis, yaitu data yang dalam kurun waktu tertentu akan mengalami perubahan.
Data menurut waktu pengukuran
  • Data Cross Section yaitu data yang menunjukkan titik waktu tertentu. Contohnya : data pelanggan PT Sejahtera bulan April dan lain-lain.
  • Data Time Series/ Berkala yaitu data yang menggambarkan sesuatu dari waktu ke waktu atau periode secara historis, contoh data jumlah pengikut lomba dan lain-lain.

KARAKTER DATA
Dalam sebuah informasi data adalah sangat penting, karena kumpulan data yang lengkap sangat menentukan berkualitasnya, akuratnya sebuah informasi. Dalam kumpulan data tersebut akan terdiri dari gabungan-gabungan beberapa karakter data.

Pengertian Karakter

Karakter data adalah Karakter yang berhubungan dengan angka, symbol dan huruf. Karakter sering disebut dengan byte yaitu sebuah huruf atau angka atau karakter khusus, sebagai contoh : A,B, &, %, 2 dan lain-lain. Contoh tersebut adalah contoh karakter tunggal. Gabungan beberapa bit akan membentuk sebuah karakter. Bit dan Byte merupakan dasar untuk menyajikan data, baik data yang akan, diproses, dikomunikasikan dalam jarak yang cukup jauh ataupun akan disimpan dalam sebuah rumah data atau sebuah database.
Komputer banyak berhubungan dengan bit dan byte, namun user database seperti anda akan banyak berhubungan dengan Field, record dan file ataupun berhubungan dengan baris dan kolom.

Tipe Karakter Data
Ada beberapa tipe karakter data yang sering digunakan dalam paket pengolah angka atau spreadsheet yaitu :
  • Data Teks / Alpha Numeric, merupakan tipe data berupa teks yang terdiri dari : huruf (A-Z, a-z), symbol (@,%,#,$,&,*, dan lain-lain). Angka (0-9) yang tidak akan diproses secara matematika pada tipe data ini. Angka dengan tipe data ini dalam Microsoft excel tidak akan disebut dengan data angka namun akan disebut dengan data teks, karena dia tidak akan bisa diaplikasikan ke dalam rumus matematika dan akan dibuat rata kiri dengan selalu didahului oleh label prefiks berupa tanda petik satu (‘) yang diberikan secara otomatis. Jika data yang diinput ke dalam Microsoft excel adalah data angka, tetapi kita ingin menganggapnya sebagai teks, maka kita harus mengetik label prefiks sebelum data tersebut seperti: '2020.
  • Data Angka / Numeric, merupakan data yang terdiri dari angka (0 – 9), waktu dan tanggal yang dapat diproses secara matematika dan digunakan dalam beberapa fungsi-fungsi rumus yang disediakan dalam Microsoft excel. Penulisan dalam data tipe numeric/angka ini tidak boleh diketik dengan didahului dengan tanda label prefiks (‘) . Ciri-ciri data numeric, dalam Microsoft excel akan ditampilkan rata kanan.
  • Data Formula/Rumus, merupakan tipe data yang terdiri dari rumus-rumus, seperti perkalian, pembagian, penjumlahan, fungsi matematika, serta fungsi formula lainnya. Data ini adalah tipe data yang terpenting dalam program pengolah angka/spreadsheet karena data ini yang sangat sering digunakan dalam pengolahan data dengan program pengolah angka.

SUMBER DATA
Informasi merupakan kumpulan dari beberapa data yang dirangkai sedemikian rupa sesuai dengan kepentingan dari masing-masing pihak yang akan menggunakan data tersebut sehingga menjadi sebuah informasi yang bisa membantu seseorang, organisasi atau perusahaan untuk mengambil keputusan dengan tepat. Dalam penelitian sumber data didefinisikan sebagai subyek dari mana data dapat diperoleh. Jika penelitian menggunakan kuisioner atau wawancara dalam pengumpulan datanya, maka sumber data disebut sebagai responden yaitu orang yang merespon atau menjawab pertanyaan peneliti, baik pertanyaan tertulis maupun lisan.

Jenis Sumber Data
Informasi merupakan hal yang sangat penting bagi setiap orang, karena informasi bisa membantu setiap orang dalam menyelesaikan aktifitas mereka masing-masing, bisa membantu dalam memecahkan masalah serta bisa membantu seseorang dalam mengambil keputusan yang tepat. Informasi tersebut bisa diperoleh atau disampaikan secara tertulis ataupun secara lisan. Sebelum menjadi sebuah data atau informasi maka informasi itu akan diperoleh atau dikumpulkan dari sebuah sumber data. Dalam dunia informasi secara umum ada 2 jenis sumber data yang lazim digunakan oleh masyarakat umum, yaitu:
  • Data Internal yaitu data yang diperoleh dari dalam sebuah organisasi atau sebuah perusahaan. Contoh data internal antara lain : data Laporan Keuangan perusahaan atau organisasi bersangkutan, data karyawan, data pensiunan, data nasabah dan lain-lain.
  • Data Eksternal yaitu data yang diperoleh dari luar organisasi atau dari luar perusahaan . contohnya data riset disebuah wilayah terpencil, data konsumen, data tentang lingkungan sekitar perusahaan, data tentang pesaing dan lain-lain. Selain itu ada juga pembagian jenis sumber data yang berbeda dari yang telah disebutkan diatas yaitu menurut Arikunto, dikatakan bahwa sumber data terdiri atas dua jenis, yakni :
  1. Person adalah orang yang dapat memberikan data berupa jawaban lisan melalui wawancara
  2. Paper yaitu sumber data yang menyajikan tanda-tanda berupa huruf yaitu dokumen atau tulisan yang berupa karya ilmiah, baik artikel , makalah , maupun laporan-laporan.

0 Response to "Pengertian, Jenis, Karakter dan Sumber Data"

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel